Berita kami

Embung Manajar

17 May 2023 Wisata Buatan

EMBUNG MANAJAR

Pemerintah Kabupaten Boyolali membangunan embung baru yang berada di Desa Samiran, Kecamatan Selo. Embung tersebut akan di fungsikan sebagai kolam penampungan air dan untuk membantu mencukupi kebutuhan air bersih serta mengurangi kebutuhan air warga ketika musim kemarau. Embung tersebut di bangun diatas tanah kas Desa Samiran.

Embung  yang diberi nama embung Manajar tersebut memiliki luas sekitar 1.602 meter persegi dengan volume debit air jika penuh mencapai 5.592 meter kubik. Adapun untuk sumber airnya berasal dari air hujan Pembiayaan pembangunan embung yang dibangun pada akhir Juni ini 2019 hingga Desember 2019 ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Boyolali tahun 2019.

Pemerintah Desa Samiran berharap embung tersebut bisa dikembangkan selain untuk pengairan utamanya juga bisa untuk pengembangan sektor pariwisata karena letaknya yang cukup bagus, khususnya juga pemanfaatan daerah sekitaran wilayah embung. Dengan adanya pengembangan pariwisata di tempat ini, harapan kami  juga untuk pemberdayaan masyarakatnya bisa dimaksimalkan. Jadi kini Desa Samiran mempunyai atraksi potensi wisata selain Pemandangan Alam, kini Embung Manajar menjadi alternative atau tujuan wisata yang baru apa bila kita berkunjung ke Kawasan Wisata Selo.

 

Artikel by : Farel Atalla Muhammad Dafa - Adea Wisnu Gusti Bahari (Mahasiswa Magang STMIK AMIKOM Surakarta)

BAGIKAN ARTIKEL INI