Berita kami

Desa Wisata Kemasan

01 April 2024 Desa Wisata
Desa Kemasan adalah salah satu dari 12 desa yang ada di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Bisa dikatakan bahwa Desa Kemasan adalah ibukotanya Kecamatan Sawit karena kantor kecamatan berada di desa ini. Perhatikan peta yang menggambarkan posisi Desa Kemasan relatif dari peta Jawa Tengah berikut ini!
Potensi pariwisata di Desa Kemasan menurut para warga perlu dikelola dengan baik. Tujuannya demi kenyamanan dan meningkatkan taraf perekonomian para warga desa. Kebetulan pemerintah pusat juga mengalokasikan dana bagi desa yang ingin dijadikan konsep desa wisata. Singkat cerita dibentuklah Desa Wisata Kemasan (Dewa Emas). Dari sinilah Dewa Emas terbentuk.
Setelah melalui proses pembangunan di beberapa dukuh yang menjadi sentra Dewa Emas, maka pada bulan April 2014, Dewa Emas resmi dibuka untuk umum dan pada Juni 2016 pengelolaannya dinaungi oleh BUM Desa Karya Lestari Manunggal. Dewa Emas ingin memaksimalkan berbagai sumber daya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati para pengunjung sebagai sebuah wisata sekaligus pendidikan. Wisata yang menjadi pusat Dewa Emas adalah kolam renang dan resto di Dukuh Mungup, pertanian padi di Dukuh Maron, cara pembuatan berbagai jenis roti di Dukuh Tangkisan, lahan kangkung dan pengolahan sampah terpadu di Dukuh Kemasan, kampung lukis dan tari di Dukuh Karanggayam, serta cara pembuatan jamu di Dukuh Tegalsono. Saat ini, pengembangan untuk menuju konsep desa wisata masih terus berlanjut.
 
CQ : M Khairu Rais (08562829688)
 
Sumber : https://www.desawisatakemasan.com/
BAGIKAN ARTIKEL INI